Memilih Latihan Yang Cocok

Fitness dan bodybuilding adalah mengenai memilih latihan yang cocok untuk anda. Kebanyakan orang memilih untuk melakukan isolation exercise seperti curl dan crunch untuk sixpack, namun ternyata latihan yang efektif adalah latihan compound. Squat, Deadlift, Pull up, Bench Press adalah latihan basic compound, yang pada kenyataannya dilupakan orang-orang karena latihan tersebut memang lebih berat daripada isolation exercise.

Basic Compound Exercise for a better body

Basic Compound : Squats
Squats for power

Pilihlah latihan basic compound tersebut, jika ke 4 latihan tersebut tidak dapat membentuk tubuh anda maka isolation exercise pun tidak akan dapat membentuk tubuh anda. Anda tidak bisa memfokuskan diri ke suatu bagian saja, misalnya ada ingin fokus pada dada dan anda akan melakukan latihan untuk dada terus setiap hari (contoh: butterfly press) atau anda fokus pada tangan anda dan anda melakukan latihan biceps curl setiap hari, itu tidak akan membuat dada dan tangan anda menjadi besar . Hal ini dikarenakan tubuh kita itu seperti rantai,yang terdiri dari suatu rangkaian yang berhubungan satu sama lain. Saya tidak melarang anda melakukan isolation exercise tetapi lakukanlah ke 4 latihan tersebut dan lengkapi dengan isolation exercise.

Learn the Form First

Jika anda ingin menjadi kuat dan memiliki tubuh yang ideal, sebisa mungkin jauhilah modern machine seperti pec fly, abdominal machine, dan sebagainya. Saya bukan berkata mesin-mesin tersebut jelek, namun mesin tersebut di buat untuk mengurangi kemungkinan cidera pada seseorang, tapi sebenarnya free weight yang biasanya berbentuk dumbell atau long barbell, sangat aman jika digunakan dengan baik. form sangat penting dalam latihan beban, melakukan 5-8 reps good form squat jauh lebih baik daripada melakukan 15 squat yang salah dengan beban yang berat. So, my advices is learn the good form before going into some exercise, banyak video youtube atau website bodybuilding yang menyediakan cara melakukan exercise yang baik dan benar.

Jangan Terlalu Fokus Pada Latihan Perut dan Core

Seperti pembahasan tentang sixpack tanpa crunch yang pernah saya bahas, jika anda melakukan basic compound tersebut otomatis anda akan mendapatkan latihan otot perut dan core. Tidak mungkin orang yang dapat melakukan Squat satu kali berat badannya memiliki otot core yang lemah.

Jangan Terobsesi dengan TEMPO

Tempo, banyak orang mengatakan bahwa tempo yang baik adalah mengangkat dengan perlahan dan menurunkan dengan perlahan. Tempo sempat menjadi trend di dunia bodybuilding namun nampaknya sekarang sudah hilang, mengapa? karena hal tersebut tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Jika anda mengangkat beban yang sangat berat, otomatis tempo akan tercipta dengan sendirinya, buktikan sendiri. So, angkat beban-mu tanpa harus memikirkan tempo.

And this one is for the ladies :

Anda Takut “Berotot” dan Mengangkat Beban yang Sangat Ringan

Anda takut tampak berotot seperti  Yolanda Hughes atau female bodybuilder lainnya, dan menjauhi barbell dan sejenisnya. Please, anda tidak akan menjadi seperti itu hanya dengan bench press 50kg, mereka menjadi seperti itu karena mereka mendedikasikan diri mereka ke bodybuilding dan makan segala jenis suplemen dan obat-obatan. Saya sering melihat para wanita menggunakan treadmill, elliptical machine, atau cycling berjam-jam dengan tujuan membakar kalori. Memang treadmill dan cardio lainnya membakar cukup banyak kalori, tapi sebenarnya yang anda butuhkan adalah massa otot, karena massa otot akan membantu anda membakar kalori lebih banyak bahkan KETIKA ANDA TIDAK BEROLAHRAGA SEKALIPUN.

mulaisekarang.

Incoming search terms:

  • latihan compound
  • contoh latihan compound
  • manfaat latihan deadlift
  • Latihan compound untuk perut
  • gerakan latihan compound
  • gerakan compound movement
  • gerakan compound fitness
  • membentuk tubuh ideal dengan latihan compound
  • cara melakukan deadlift yang benar
  • gerakan compound exercise

Berita Terkait

Feel Free To Write a Comment