Latihan Untuk Kekuatan Dulu Barulah Bentuk Tubuh Anda

Deadlift untuk POWER
Deadlift untuk POWER

Latihan untuk kekuatan dulu barulah bentuk tubuh anda

Untuk mencapai goal anda dalam fitness, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah Latihan Beban. Hal yang paling utama dalam latihan beban adalah kekuatan. Namun masih banyak orang bertanya “mengapa harus melatih strength dulu? Saya mau otot biceps, triceps, dada, dan punggung yang besar.” Beberapa dari mereka bahkan mengatakan bahwa mereka sudah cukup kuat, padahal mereka bersusah payah untuk bench press 50kg.

Mengapa harus jadi “Kuat” dulu?

Apakah anda cukup kuat untuk melakukan bench press 1x berat badan anda? atau bahkan 1.5x berat badan? bagaimana dengan one arm push up atau one arm pull up? squat 2x berat badan? jika anda bisa melakukan salah satu dari yang saya sebutkan pasti anda mengerti seberapa penting strength sebagai dasar. Untuk kekuatan, selalu akan ada tantangan baru seperti menambah beban angkatan dan dalam calisthenics anda bisa menambah kesulitan dengan berbagai cara.

Kekuatan adalah pondasi yang baik latihan beban dan bodybuilding. Ambil saja contoh yang sering terjadi: orang yang langsung terjun ke bodybuilding tanpa melatih kekuatan dulu biasanya perubahan sangat cepat pada permulaan, namun setelah beberapa bulan akan terjadi stuck, hal ini terjadi karena dia sudah susah untuk menambah beban pada latihannya. Latihan bodybuilding dan strength training sangatlah berbeda. Bodybuilding biasanya menggunakan repetisi 8-12 dengan istirahat yang pendek yang bertujuan untuk menguras habis energi otot, makanya kita akan merasa sakit pada otot yang dilatih. Sedangkan strength training menggunakan repetisi 3-5 dengan istirahat yang panjang yang ditargetkan untuk melatih CNS atau Central Nervous System dan membangun kekuatan, seperti kata Pavel Tsatsouline seorang master of sport dari Russia “training as often as possible while being as fresh as possible.”

Contoh latihan untuk strength

Day 1

  1. Barbell Squat 3 x 3
  2. Pull up Weighted 3 x 5

Day 2

  1. Deadlift 3 x 3
  2. Bench Press 3 x 5

Day 3

  1. Overhead Press 3 x 5
  2. Barbell Bent Over Row 3 x 3

Istirahat antar set 3-5 menit

*Latihan diatas hanyalah contoh, namun bisa di gunakan juga untuk alternatif latihan anda. Lakukan dengan diselingi 1 hari istirahat.

Mengapa latihannya sangat sedikit?

Keliatahannya simple bukan? strength is a skill, seperti halnya anda belajar bersepeda atau bermain gitar, semakin anda sering melakukannya maka anda akan semakin mahir bukan? strength training harus dilakukan sebanyak mungkin namun tetap sesegar mungkin. Setelah latihan anda seharusnya merasakan “I can do more” namun anda harus menahan supaya tidak terjadi muscle failure.

Ukuran kekuatan untuk laki-laki adalah:

Bench press 1.5x berat badan
Squat 2x berat badan
Deadlift 2.5x berat badan

Sedangkan untuk wanita bench press 0.9x, squat 1.5x, dan deadlift 1.8x berat badan.

Setelah anda menguasai kekuatan tersebut, barulah anda dapat menjalankan latihan bodybuilding dan membentuk tubuh idaman anda.

Are you strong enough?

mulaisekarang.

 

Berita Terkait

Feel Free To Write a Comment