Latihan Cardio Tapi Berat Ga Turun?

Cardio : Treadmill
Cardio : Treadmill

Anda pasti pernah melihat orang yang datang ke gym hanya untuk berlari diatas treadmill lama sekali tapi berat badan tidak turun? Atau anda salah satunya? Mereka telah membakar ratusan bahkan ribuan kalori namun berat badan tidak turun juga? In fact, anda tidak perlu berjam-jam di gym untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mulailah weight lifting.

Bukannya tidak bisa membakar kalori dengan weight lifting?

Kebanyakan orang fokus pada pembakaran kalori pada saat berlatih di gym. Berhentilah berpikir seperti itu, tubuh anda juga dapat membakar kalori ketika anda beristirahat sekalipun, asalkan anda memiliki OTOT.
Jika anda hanya melakukan cardio, pembakaran kalori hanya terjadi pada saat anda melakukan cardio tersebut dan kembali normal setelahnya, namun jika anda melakukan latihan beban (latihan beban = more muscle) anda membakar kalori pada saat latihan dan tubuh anda membakar lebih banyak kalori pada saat tidak latihan. Otot membutuhkan kalori untuk berkembang maka dari itu kalori akan terus terbakar walaupun anda hanya bermalas-malasan di ranjang atau duduk di ruang keluarga menonton TV.

Lalu saya (wanita) bagaimana? Saya tidak mau terlihat berotot.

Otot tidak akan terbentuk begitu saja karena anda mengangkat beban yang berat, apalagi pada wanita. Kadar hormon testosterone pada pria jauh lebih tinggi daripada wanita dan hormon tersebutlah yang bertugas membentuk otot. Jika anda melihat wanita bodybuilder diluar sana yang sangat berotot, mereka melakukan hal itu bertaun-taun dan dengan diet yang extra yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh anda. Bahkan beberapa dari mereka menggunakan steroids.
Buang jauh-jauh pikiran anda tentang anda latihan beban maka keesokan harinya anda langsung berotot. Hal itu tidak akan terjadi, bahkan sebaliknya pembakaran kalori menjadi lebih maksimal.

Lalu latihan apa yang harus saya lakukan?

Weight Lifting Routine:

Workout Senin

Back Squats 3 x 5
Bench Press 3 x 5
Lat Pull Down 3 x 5
Istirahat antar workout 3-5 menit

Workout Rabu

Deadlift 3 x 5
Overheadpress 3 x 5
Treadmill 10-15 Menit Moderate Speed (5-7)
Istirahat antar workout 3-5 menit

Workout Jumat

Back Squat 3×5
Bench Press 3 x 5
Pull up 3 x 5
Istirahat antar workout 3-5 menit

(Diatas hanyalah contoh, anda dapat mengganti jenis workout sesuai goal anda)

So, you want to lose weight? Try weight lifting, anda tetap bisa melakukan latihan cardio untuk meningkatkan endurance dan fitness. Feel free to combine the two workouts.

Note: Fat actually burns calories, but muscle burns 3 times more than fat do.

mulaisekarang.

 

Incoming search terms:

  • latihan cardio
  • latihan taylor lautner
  • cara kardio dan weight training
  • cardio indobarian
  • perbedaan cardio dan lifting
  • beda tubuh kardio dan weighting
  • senam cardio how to lose weight
  • perbedaan latihan kardio dengan weight loss
  • latihan cardo
  • latihan cardio indobarian

Berita Terkait

Feel Free To Write a Comment