Every Bodybuilder Doing Back Squat. Do you?

Deep Squat with Heavy Weight
Deep Squat with Heavy Weight

Banyak bodybuilder mengatakan Back Squat adalah KING of Exercises. It’s true mengapa? karena squat melibatkan banyak sekali otot dan memiliki banyak kelebihan dibanding compound exercises lainnya.

Otot apa saja yang terlibat ketika melakukan squat?

Otot yang terlibat langsung dalam back squat adalah Quadriceps, Hamstring, Calves, dan Gluteus. Otot lainnya yang berlibat secara tidak langsung adalah core, dan lower back karena otot tersebut yang menjaga anda supaya tidak jatuh ke depan atau belakang ketika mengangkat beban. Meskipun squat adalah Leg Exercise back squat melatih tangan anda untuk menggenggam bar yang ada di pundak anda. So, we can consider back squat as Fullbody exercise.

Otot Core? Squat bisa bikin sixpack dong?

Ya betul, tapi bukan itu saja keuntungan dari melakukan squat banyak keuntungan lain seperti:

  1. Meningkatkan Tinggi Lompatan.
  2. Meningkatkan Kekuatan.
  3. Menambah Massa Otot.
  4. Meningkatkan Pelepasan HGH.
  5. Dan Menambah Kecepatan Lari.

Kalau Squat sangat bagus mengapa jarang sekali disarankan pada fitness magazine?

Arnold Deep Squatting
Arnold Deep Squatting

Menurut saya mereka tidak ingin anda mendapatkan hasil yang cepat, dan membeli suplemen yang mereka jual.
Jika anda melihat atlit-atlit kelas dunia pasti melakukan deep squatArnold Schwarzenegger salah satu legenda dalam bodybuilding pun melakukan squat sampai bawah.

Namun, banyak orang melakukan kesalahan ketika melakukan squat contohnya tidak menurunkan pinggang sampai ke bawah lutut(deep squat) karena katanya akan berpengaruh jelek untuk lutut mereka.
Actually, jika anda tidak melakukan deep squat otot quadriceps bagian depan anda akan terlatih, namun otot gluteus dan hamstring(bagian kaki belakang) tidak. Hal ini menyebabkan Muscle Imbalance yang justru akan menyebabkan lutut anda cidera.
Going deep, akan membuat otot anda balance dan justru membuat lutut anda makin kuat. Deep Squat adalah gerakan natural manusia, contoh saja bayi, jika akan mengambil barang di lantai bayi akan jongkok dulu.
Memang pinggang melewati lutut lebih sukar di lakukan, makanya banyak orang tidak melakukan gerakan ini. Mereka harus menurunkan beban jika melakukan deep squat , mereka tidak dapat mengangkat beban yang berat jika melakukan squat dengan full Range of Motion. Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh Ego manusia yang mengutamakan jumlah beban angkatan daripada form.

So, bagaimana cara back squat yang baik?

  1. Taruh barbell pada squat rack kira-kira setinggi dada.
  2. Posisi anda berada di bawah barbell, genggam barbell dengan kedua tangan dan tempatkan barbell di pundak anda.
  3. Kencangkan seluruh otot core dan tubuh anda lalu angkat barbell tersebut dan mundur 1 langkah. Pastikan anda mundur karena jika anda maju, pada saat mengembalikan barbell pada rak anda harus memutar kepala anda untuk melihat posisi rak, hal ini dapat menyebabkan cidera pada leher.
  4. Busungkan dada anda, pandangan ke depan jangan ke atas atau bawah, posisi kaki selebar bahu.
  5. Pastikan anda gunakan barbell bukan smith machine untuk mendapatkan hasil yang maksimal, karena smith machine membantu anda menstabilkan beban yang ada di pundak anda.
  6. Turunkan pinggang anda sampai paha anda menyentuh betis, lalu dorong kembali ke posisi semula dan bertumpu pada tumit anda.

mulaisekarang.

Incoming search terms:

  • Manfaat squat
  • squat adalah
  • fungsi squat
  • cara biar kuat restock
  • manfaat latihan squat
  • manfaat squats
  • kegunaan squat
  • manfaat street workout
  • manfaat gerakan squat
  • cara squat yang betul

Berita Terkait

Feel Free To Write a Comment