Push up: Tingkat Lanjut Push up

Seperti pada pembahasan sebelumnya tentang calisthenics, dan push up untuk pemula ada 3 tahap awal untuk push up yaitu : Wall push up, Incline Push up, dan Kneeling Push up. Sekarang Saya akan membahas push up tingkat lanjut. Jangan lupa untuk menerapkan 10 rules push up.

  1. Normal Push Up
    Normal push-up
    Perfect Push-up

    Dalam calisthenics, anda harus bisa melakukan push up. Anda pasti sering melihat push up di gym, pelatihan tentara, atau bahkan di dalam sebuah film. Cara melakukan push up:
    Berlutut dengan menaruh telapak tangan di lantai, kaki rapat, posisi telapak sejajar dengan dada bagian bawah, jarak antara telapak tangan kiri dan kanan selebar bahu, luruskan kaki dan tahan badan dengan tangan. Ini adalah posisi permulaan. Turunkan badan dengan membengkokan siku sampai dada kira-kira berjarak 1 kepalan, lalu tekan kembali sampai ke posisi semula.
    Goals :
    Pemula : 1 set of 5
    Lanjutan : 2 sets of 15
    Progression : 2 sets of 30

    Anda merasa push up terlalu mudah? bisa melakukan push up 50 kali atau bahkan 100 kali dalam satu set? Bila jawabannya adalah ya, saatnya menambah kesulitan dalam push up.

  2. Close Push Up
    close push up bottom
    Close Push up

    Close Push up atau yang biasa disebut dengan diamond push up lebih memfokuskan pada kekuatan triceps.
    Mulai dengan posisi seperti Full Push up tetapi dengan jarak telapak tangan lebih dekat. Untuk posisi telapak tangan saya lebih memilih menempelkan jempol dan telunjuk sehingga membentuk anak panah. Turunkan tubuh anda sampai menyentuh punggung tangan. Jika anda belum kuat melakukan dengan tangan menempel, dekatkanlah tangan anda secara bertahap, contoh: pada hari pertama jarak telapak anda 20 cm, lalu pada hari kedua anda kurangi 5cm menjadi 15cm dan seterusnya sampai kedua jempol menempel.
    Goals :
    Pemula : 1 set of 5
    Lanjutan : 2 sets of 15
    Progression : 2 sets of 30

  3. Uneven Push up
    cara uneven push up
    Uneven Push up

    Setelah anda mencapai tahap progression pada close push-up (2 sets of 30) selanjutnya anda dapat melakukan uneven push up. Siapkan suatu objek, anda dapat menggunakan bola basket, tumpukan buku, atau batu bata. Caranya dengan salah satu tangan bertumpu pada suatu objek tersebut. Jika anda menggunakan bola basket tentunya akan lebih sulit, karena anda harus menjaga stabilitas dalam melakukan Uneven push up tersebut. Turunkan sampai dada anda menyentuh tangan yang lebih tinggi, lalu tekan keatas.
    Goals :
    Pemula : 1 set of 5
    Lanjutan : 2 sets of 10(kedua sisi)
    Progression : 2 sets of 20(kedua sisi)

  4. One Hand Push up
    Bruce Lee Melakukan 2 Finger Push up
    Bruce Lee Melakukan 2 Finger Push up

    Tahap berikutnya dan tahap terakhir adalah One Hand Push up.
    Ambil posisi seperti posisi awal Full Push Up. Taruh satu tangan di belakang punggung, turunkan dengan membengkokan siku anda sampai dagu anda kira-kira berjarak satu kepalan tangan. Dorong kembali sampai ke posisi semula.
    Banyak yang berdebat untuk posisi kaki pada One Hand Push up, beberapa bilang kaki harus lebar dan ada yang bilang kaki harus rapat. Menurut saya, posisi kaki yang baik adalah rapat, namun jika anda belum dapat melakukannya dengan posisi rapat, anda dapat bertahap melakukannya dengan mengurangi jarak antara kaki kiri dan kanan secara perlahan.
    Goals:
    Pemula : 1 set of 5
    Lanjutan : 2 sets of 10(kedua sisi)
    Master : 1 sets of 50(atau bahkan 100 pada kedua sisi).

mulaisekarang.

Incoming search terms:

  • cara push up 1 tangan
  • Cara push up satu tangan
  • Push up satu tangan
  • Cara Push up tangan satu
  • Cara push up dengan satu tangan
  • manfaat diamond push up
  • teknik push up satu tangan
  • manfaat push up diamond
  • push up 1 tangan
  • Cara melakukan push up satu tangan

Berita Terkait

Feel Free To Write a Comment