Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan

Berpuasa di bulan ramadhan merupakan kewajiban umat Muslim di seluruh penjuru dunia. Ternyata puasa juga bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut 7 manfaat puasa di bulan ramadhan :

  1. Kurma
    Buah yang banyak dijual selama bulan Ramadhan ini ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu aspek penting dalam berpuasa adalah mendapatkan cukup energi, dan 100 gram kurma mengandung 75 gram karbohidrat, ini adalah buah yang cocok untuk memberikan energi. Kurma juga mengandung serat yang akan meningkatkan pencernaan. Kurma juga kaya akan potassium, magnesium dan vitamin B.
    kurma
  2. Meningkatkan Fungsi Otak
    Sebuah studi di USA menemukan kita akan berfokus pada spiritual selama ramadan, hal tersebut meningkatkan faktor neurotropik otak yang menyebabkan tubuh kita memproduksi lebih banyak sel otak dan meningkatkan fungsi otak. Dan Puasa juga mengurangi hormon Cortisol, yang berarti stress yang kita alami selama dan setelah Ramadhan.
  3. Mengurangi Kebiasaan Buruk
    Karena selama bulan Ramadhan kalian berpuasa, Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk mengurangi kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk seperti merokok dan makan makanan berkadar gula tinggi tidak dapat kalian lakukan, dan karena hal tersebut tidak dilakukan maka tubuh akan mulai terbiasa akan hal itu dan perlahan-lahan kecanduan merokok anda akan berkurang. Puasa dapat menjadi waktu yang tepat untuk berhenti merokok seperti yang di rekomendasikan oleh UK National Health Service.
  4. Menurunkan Kadar Cholesterol
    Kadar Cholesterol yang rendah meningkatkan kesehatan Caridovascular, mengurangi kemungkinan penyakit jantung, mengurangi serangan jantung, atau stroke. Jika kalian menjalankan diet sehat ketika Ramadhan, mengapa tidak melanjutkannya setelah Ramadhan? Dengan diet sehat kadar Cholesterol dapat dengan mudah di pertahankan.
  5. Menurunkan Berat Badan
    Masalah penurunan berat badan biasanya adalah perut merasa lapar walaupun sudah makan. Jumlah makanan yang berkurang pada waktu berpuasa akan membuat perut anda menyusut, yang artinya anda akan lebih cepat kenyang. Jika kalian mau memulai hidup sehat, maka Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memulai.
  6. Detox
    Selain membersihkan secara Rohani, Ramadhan juga membersihkan secara Jasmani. Dengan tidak makan dan minum tubuh kita akan mendapat kesempatan untuk menetralisir organ pencernaan. Ketika tubuh mulai membakar lemak pada tubuh untuk energi, hal tersebut juga membakar racun yang terdapat pada lemak tubuh kita.
  7. Memperoleh Nutrisi Lebih Banyak
    Dengan tidak makan seharian pada waktu Ramadhan metabolisme tubuh akan lebih efisien. Jumlah nutrisi yang kalian serap dari makanan akan meningkat. Ini disebabkan oleh peningkatan hormon Adiponectin, yang di produksi setelah berpuasa dan makan pada malam hari. Hormon ini juga meningkatkan kemampuan otot untuk menyerap nutrisi.

mulaisekarang.

 

Latih Otot Dada dan Otot Triceps Anda Dengan Dips

Berita Terkait

Feel Free To Write a Comment